Our History

GEMAKU INDONESIA ( Generasi Muda Khonghucu Indonesia ) terbentuk pada tanggal 16 Januari 2000 sebagai sarana berhimpun pemuda/i Khonghucu se-Indonesia. Dimana itu ialah tahun awal ketika dibukanya keran demokrasi bagi Generasi Muda Khonghucu pada khususnya untuk berkumpul dan berserikat. Saat dimana diskriminasi diangkat dari tubuh Ibu Pertiwi, ialah Alm. K.H. Abdurahmman Wahid (Gus Dur) saat mencabut Inpres No. 5 tahun 1967 tentang pelarangan adat istiadat, budaya, dan agama “Cina” secara terbuka dimuka umum.

GEMAKU menjadi sarana berserikat untuk menjawab tantangan organisasi lintas agama yang ada bagi kaum pemuda/i Khonghucu. Berbagai tantangan dan rintangan dilewati laksana “bayi yang baru lahir” menjalani liku-liku kehidupan ini. Saat tak ada satupun yang mengenali, tak ada satupun yang mau peduli. Perjalanan panjang terus dijalani, tak kenal lelah kami lewati, dicaci dan dipuji menjadi sejarah hidup organisasi, baik dari dalam maupun dari luar organisasi, namun begitulah dinamika yang harus dijalani.

Tantangan kedepan masih berat terasa, saat trauma masa lalu masih menyertai, saat masih banyak yang apriori, tak mau berbuat nyata untuk negeri melalui wadah organisasi. Sepanjang perjalanan +/- 15 tahun GEMAKU berhasil menghiasi negeri dengan kenyataan hadir hampir di beberapa daerah yang tersebar di kepengurusan wilayah. Namun sampai saat ini kami masih meyakini bahwa bukan kuantitas yang kami utamakan, melainkan kualitas kerja nyata yang harus terus diuji. Saat GEMAKU perlahan bertransformasi menjadi Organisasi Sosial Keagamaan yang benar-benar concern akan kegiatan sosial di masyarakat. Selain itu tetap berkomitmen menjaga eksistensi bagi negeri dengan hadir disetiap lini hubungan antar organisasi, baik pemerintah maupun sipil lintas kepemudaan dan keagamaan.

Organisasi Kepemudaan saat ini menjadi barometer pengembangan karakter dalam pertaruhan pembangunan Negeri. Saat para pemuda/i yang akan menjadi Pemimpin Negeri di masa depan, mengubah arah hidup Negeri ke arah yang lebih baik lagi. Sehingga dapat terwujud cita-cita Para Pendiri Negeri untuk dapat melihat Rakyat Indonesia hidup dalam persatuan, keadilan, nyaman dan sejahtera menjadi tuan rumah atas Negeri sendiri.

GEMAKU menjadi salah satu wadah berkumpul bagi para pemuda/i Khonghucu untuk mengembangkan karakter satu sama lain, meningkatkan kepedulian terhadap Negeri melalui dasar ajaran Agama Khonghucu. Kehadiran organisasi ini menjadi media bagi para pemuda/i Khonghucu yang peduli akan Negeri dengan secara nyata berbuat untuk Negeri. Ikut bersama-sama menjaga dan mengawal NKRI, serta mengokohkan Pancasila sebagai dasar Ideologi.