Gemaku Kab. Bogor Peduli Lingkungan, Sumbang 100 Pohon Bodi Dan Bak Sampah Untuk Keindahan Situ Citatah

Gemaku Kab. Bogor Peduli Lingkungan, Sumbang 100 Pohon Bodi Dan Bak Sampah Untuk Keindahan Situ Citatah

Bogor

Peduli lingkungan harus ditunjukkan dengan aksi nyata. Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai tanda cinta pada lingkungan dan bagaimana ikut andil pada upaya menjaga planet bumi. Bila tidak sanggup melakukan hal-hal besar seperti mengubah suatu policy di pemerintahan, aksi sederhana pun sangatlah berarti. Seperti yang dilakukan para pemuda-pemudi yang tergabung  dalam Generasi Muda Konghucu (GEMAKU).

Khusus di wilayah kabupaten Bogor saja, Gemaku didukung kelurahan Cirimekar, Pengurus Situ Citata,  RW, RT dan warga Cirimekar  melakukan aksi 100 pohon Bodi dan beberapa unit bak sampah yang diserahkan secara simbolis.

Dalam keterangan persnya disela-sela acara giat penanaman 100 pohon Bodi, Sabtu (13/11),  Sekjen Gemaku Kabupaten Bogor, Yudianto Tantowi mengungkapkan kepedulian mereka terhadap lingkungan.

“Didasari dengan adanya substansi kehidupan dalam ajaran Konfucianisme ialah tentang keselarasan hidup antara Manusia dengan Tuhan (Tian), Alam (Di), dan Sesama Manusia (Ren). Keselarasan hidup bersama alam dan sesama manusia ialah bagian daripada perwujudan keselarasan hidup dengan Tuhan, Sang Pencipta.  Maka dari itu, kami berusaha untuk belajar mencintai alam yang telah kita ketahui bersama saat ini mulai tidak bersahabat dengan manusia. Pembalakan liar dan pembangunan yang tidak mempedulikan lingkungan terjadi dimana-mana sehingga banyak dampak yang akhirnya  kita rasakan saat ini. Banjir, tanah longsor, tercemarnya udara seolah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan manusia,” tutur Yudianto.

Demi mewujudkan visi misi baik yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan dan peduli sesama (sosial-Red), Gemaku kabupaten Cibinong   juga didukung penuh oleh para pemuda-pemudi yang kreatif, dinamis, dan smart.

“Pemuda Gemaku harus aktif dan kreatif. Kita berharap pandangan masyarakat terhadap pemuda-pemudi Konghucu Cibinong jauh dari penilaian miring. Disini, sebagai generasi muda, sudah sepantasnya kita peduli akan lingkungan, karena ini untuk kita bersama maupun generasi selanjutnya dengan mencintai alam itu sendiri. Mencintai alam dengan berusaha memahami alam. Jadi, kami dari Gemaku mengajak masyarakat, khususnya pemuda-pemudi untuk merawat alam kita, karena alam yang indah ialah alam yang kita jaga dan kita rawat,” ajak Yudianto.

Lebih lanjut Yudi menambahkan, “Kami mencoba menjadi pengingat bagi diri kami sendiri dan orang lain tentang pentingnya menjaga lingkungan. Ya salahsatunya  dengan memulai gerakan menanam pohon dan pemberian fasilitas tempat sampah agar kita semua dapat menjaga lingkungan kita dan selalu asri serta nyaman dengan membuang sampah pada tempatnya.”

Dalam giat penanaman 100 pohon Gemaku menjadikan Situ Citatah, sebagai salah satu prototype.

“Harapan kami dengan giat ini, bisa merealisasikan program mencintai alam dan lingkungan di bumi kita melalui langkah kecil yang terus berkesinambungan.  Kami juga berharap hal-hal ini dapat membawa manfaat bagi lingkungan dan sesama manusia,” pungkasnya.

Ditempat yang sama pengurus Situ Citatah yang ditugaskan dari BBWS, H. Yusuf mengatakan sangat mendukung aksi peduli lingkungan yang dilakukan para pemuda pemudi Cirimekar di Gemaku kabupaten Bogor.

“Saya selaku penanggung jawab Situ Citatah mendukung penuh aksi Gemaku. Apalagi ini para pemuda asli Cirimekar. Terimakasih untuk sumbangan pohon Bodi dan bak sampahnya. Semoga dari aksi Gemaku ini bermanfaat bagi masyarakat banyak,”dukung H. Yusuf yang saat itu juga mewakili pihak kelurahan Cirimekar

https://www.beritaindependentindonesia.com/?p=1448

 

 

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 15 =